Sunday, 23 December 2018

Clear atau Vernis Mobil, Takaran dan Perbandingannya

Clear atau  Vernis Mobil, Takaran dan Perbandingannya


     Sebenarnya tingkat kekentalan clear/clear beda beda, jadi beda merek ya beda kekentalan, begitu juga beda harga ya beda kekentalan dan kualitasnya.
Biasanya kalau kita membeli clear, sudah satu paket dengan obatnya/ hardener, bahkan ada beberapa merek clear yang satu paket dengan thiner.
Untuk takaran Clear : Hardener : Thiner adalah sebagai berikut;
Kita ibaratkan clear 1 liter = 1
       Hardener/obat 1/4 liter = 1
                dan Thiner 1 Liter = 1
Jadi perbandingan untuk Clear yang kental adalah, Clear:Hardener:Thiner adalah 1 : 1 : 1,5
Sementara untuk perbandingan clear yang encer adalah, Clear;Hardener;Thiner adalah 1 : 1 : 1.


     Dalam proses Clear ini, harus menggunakan thiner yang bagus, jenis thinernya harus Pu atau thiner kualitas bagus, karena bila menggunakan thiner yang bisa biasa saja, di pastikan hasilnyapun mengecewakan.


     Bila menggunakan thiner biasa, akan timbul banya masalah pada saat proses penyemprotan, seperti mengangkat/kriting/mengkeret setelah clear di semprotkan, dan biasanya akan timbul kabut kabut putih pada vernis yang seharusnya mengkilat, bahkan kabut putih tersebut tidak bisa hilang saat clear sudah kering.


     Demikian dulu ulasan mengenai perbandingan clear:hardener:thiner ini, mudah mudahan bermanfaat, terimakasih.


     Download APLIKASI Pengecatan Mobil DISINI

Pengecatan Mobil, Tahapan Pengecatan Cat Jadi

Pengecatan Mobil, Tahapan Pengecatan Cat Jadi

     Setelah proses pendempulan, epoxy, lalu cat dasar, selanjutnya tahap dalam pengecatan mobil adalah, cat jadi


     Adapun takaran atau perbandingan cat jadi dengan thiner adalah sama tidak jauh beda dengan cat dasar, hanya saja sedikit lebih encer dari takaran cat dasar
     Biasanya kalau sudah mulai tahapan ini cat jadi, kualitas cat dan thiner pun harus lebih baik, thiner harus pakai thi er super atau thiner pu, menyesuaikn kebutuhan cat, namun pada tahapan cat jadi, bila pakai cat jenis Nc, thiner masih bisa di campur antara thiner super dengan thiner Pu, kecuali jenis cat deng cat Pu, baru thiner pun harus menyesuaikan cat nya, yaitu pakai thiner pu.


     Sebelum dicat jadi, usahakan agar semua permukaan badan mobil steril dari kotoran apapun, seperti bekas bekas minyak, kit, atau kotoran lainya, kalau pengalaman pribadi saya, tuk membersihkan kotoran kotoran tersebut, bersihkan dengan lap lembut bersih yang sudah di basahi bensin ke seluruh body mobil.


     Trik dan caranya pun sama dengan penyemprotan penyeprotan sebelumnya, terutama kesabaran dan ketelitian sangatlah di butuhkan.
     Step by step, sabar jangan langsung tebal dulu untuk menghindari kerusakan, karena bila langsung tebal, cat dasaran sebelumnya akan mengangkat atau kriting karena tidak mampu menahan cat jadi yang masih baru di semprotkan.


     Ketika menyemprotkan cat jadi, usahakan pengaturan pada spraygun pada sepuyer tuk cat yang keluar lembut namun melebar, karena menghindari belang belang, dan usahakan jarak antara body mobil dengan spraygun stabil, kira kira satu setengah kilan tangan.


     Satu lapis, dua lapis, tiga lapis dan seterusnya, penyemprotan cat usahakan menutup rata kesemua body mobil, dan jangan belang atau terlihat garis garis, harus rata menutup halus dan sempurna.


     Mudah mudahan ulasan mengenai pengecatan cat jadi ini bermanfaat, adapun bila masih banyak yang kurang atau salah disana sini mohon maaf, terimakasih.


    Download APLIKASI Cara Pengecatan Mobil DISINI


Friday, 21 December 2018

Cat Dasaran Mobil Penting Peranannya Dalam Pengecatan

Cat Dasaran Mobil Penting Peranannya Dalam Pengecatan


     Mengacu pada judul di atas, mengapa sangat penting peranannya cat dasar dalam proses pengecatan mobil, adalah karena proses cat dasar ini menentukan proses proses pengecatan selanjutnya hingga finishing nanti.
     Dari cat dasarlah kita akan tau apakah masih ada pori pori atau lubang lubang kecil yang masih tersisa, dari cat dasar inilah kita akan tau apakah mobil sudah siap tuk proses pengecatan selanjutnya, selain gunannya untuk menutupi semua lapisan lapisan cat sebelum n ya, dan kuat atau tidaknya baik atau buruknya lapisan cat sebelumnya / pendempulan baik dan tidak / epoxy baik dan tidak, akan telihat setelah cat dasar ini.


     Cat dasar biasanya masih menggunakan cat NC, dan thinernya pun masih bisa dengan thiner Nd tapi Nd yang super yang masih standar kualitas pengecatan.


     Cara menyemprotkan cat dasar, juga harus sabar dan sebaiknya jangan buru buru langsung tebal, step by step yang penting rata dan bisa ketutup semua lapisan ke seluruh badan mobil.


     Diusahan jarak antara spraygun dengan bidang mobil jangan terlalu dekat, kira kira satu jengkal tangan lebih, karena jika terlalu dekat, di khawatirkan cat terlalu banyak dan tebal sehingga mengakibatkan meler atau merusak lapisan cat sebelumnya seperti kriting atau mengangkat.


     Nah, jarak antara kapan saat menyemprotkan cat dasar dari epoxy adalah setelah menunggu epoxy kering kurang lebih 4 sampai 5 jam seudah epoxy di amplas, barulah mobil siap di semprotkan cat dasar.


    Ratakan, semprotkan semua bagian body mobil sampai tertutup, tanpa ada yang samar samar atau belang belang, harus rata dan tertup semua oleh cat dasar, setelah semua tertutup, tunggulah beberapa jam sapai cat dasar bener bener mengering dan bisa diamplas, kira kira jaraknya 2 sampai 3 jam kedepan, baru bisa di amplas amplas, dan siap di cat jadi.


     Dan ingat, pengamplsan hanya bisa di lakukan setelah cat dasar benar benar mengering, itu pun di amplas sekedarnya saja hanya menghilangkan bagian bagian kasarnya saja, dan menggunakan amplas halus no 600/800/100.

     Demikian ulasan cat dsar ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

     Download APLIKASI Cara Pengecatan Mobil DISINI


Cat Mobil Cat Dasar Takaran atau Perbandingannya cat:thiner

Cat Mobil Cat Dasar Takaran atau Perbandingannya cat:thiner

     Selanjutnya tahapan setelah epoxy, dan epoxy sudah di amplas hingga alus dan siap di cat, adalah tahapan penyemprotan cat dasar


     Sebagai gambaran atau referensi, anda bisa simak pada vidio youtube di atas , dan adapun secara teori begini perbandingan atau takaran cat dasar dan thiner.
     Kita ibarat kan Cat dasar yang berisi satu liter = 1, dan Thiner yang berisi satu liter = 1, jadi ukuran/takaran untuk cat dasar dan thiner yang standar adalah, Cat dasar : Thiner / 1 : 1,5.
     Jadi itulah ukuran yang standar dalam pengecatan mobil, dan bila sekiranya kurang encer, anda bisa menambahkan sedikit thiner, begitu juga sebaliknya bila terlalu encer, anda bisa menambahkan cat, jadi bisa di bilang menyesuaikan kebutuhan.

    
     Namun saya sarankan sebaiknya menggunakan ukuran yang standar tadi, karena bila terlalu encer, cat akan mudah rusak, atau bisa merusak cat cat sebelumnya, saat di semprotkan juga bisa mudah mbeler karena terlalu encer, dan sebaliknya bila terlalu kental, selain memboroskan finansial, cat juga akan terlihat tebal, dan biasanya tidak bisa halus hasilnya setelah di semprotkan, karena terlalu kental.

    
     Jadi kira kira begitu saja dulu, seiring waktu bila anda sering mengecat, maka dengan sendirinya anda akan menemukan takaran yang pas sesuai pengalaman anda dari waktu kewaktu.
     Urain diatas hanyalah sedikit pengalaman pribadi saya dari waktu kewaktu saat mengecat mobil, hanya sebagai referensi semoga berguna dan bermanfaat, terimakasih.

     Download APLIKASI Cara Pengecatan Mobil DISINI

           
  

Thursday, 20 December 2018

EPOXY mobil sebagai dasaran penguat dempul dan cat

EPOXY mobil sebagai dasaran penguat dempul dan cat


     Seperti apa kata halaman judul diatas, epoxy sebagai dasaran penguat dempul dan cat, jawabannya ya benar.
     Dempul akan terlihat sempurna atau tidak, setelah di septotkan epoxy, bagian bagian yang belum tertutup akan kelihatan, namun fungsi epoxy yang utama selain membuat dempul semakin kuat, epoxy juga akan lebih merekatkan cat, sehingga cat tidak mudah mengelupas, dan cat tidak mudah mengalami kerusakan saat di tembakkan nannti, seperti kriting, mengkeret, atau kerusakan kerusakan cat lainya.


     Mengenari cara dan teknik epoxy, sebenarnya sama saat teknik mengecaat mobil lainnya, adapun mengenai takaran dan perbandingan, pernah kita bahas di entri sebelumnya.


     Yang perlu di perhatikan dalam epoxy mobil adalah , menentukan tingkat kekentalan atau keenceran epoxy itu sendiri, karena jika terlalu kental, kita akan mengalami kesulitan saat pengamplasan nanti, dan jika terlalu encer, akan sulit atau lama menutupnya dan bisa mudah mbleber di mana mana saat di semprotkan, maka dari itu harus sedang sedang saja, tidak terlalu encer, juga tidak terlalu kental, oh ya hal yang sangat penting adalah selain epoxy harus di campur thiner, epoxy juga harus di campurkan hardener/obatnya, jangan lupa itu karena kalau lupa, kita tunggu satu minggu pun epoxy tidak akan mengering selayaknya epoxy.


     Jarak waktu keringnya epoxy, kira kira antara 3 sampai 5 jam, epoxy bisa kalian amplas amplas, dengan amplas 240/400/500, sistem pengamlpasan seperti biasa menggunakan tangan, dan di campurkan air agar lebih mudah.


     Baiklah sekian dulu ulasan ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat, terimakasih.

     Download APLIKASI Cara Pengecatan Mobil DISINI


EPOXY MOBIL _ Takaran/Perbandingan _ epoxy:hardener:thiner

EPOXY MOBIL _ Takaran/Perbandingan _ epoxy:hardener:thiner


     Sangat penting untuk menentukan perbandingan epoxy, hardener,dan thiner, sebab kalau tidak sesuai kebutuhan, bisa terlalu kental atau rerlalu encer yang menyebabkan penyemprotan tidak sempurna
     Saya ibaratkan Epoxy 1 liter = 1, Hardener/Obatnya = 1 , dan Thiner 1 Liter = 1, jadi perbandingan ;
Epoxy : Hardener : Thiner, adalah ...
1 : 1 : 1seperempat, yaitu lebih jelasnya epoxy 1 liter : obatnya 1/4 : thiner 1 1/4.
     Mengenai satu paket epoxy kalau kita beli dari toko cat, terdiri 1 liter epoxy, dan 1/4 harderner/obatnya, nah kalo thiner kita bisa membeli sendiri, kalau bisa beli yang kualitas bagus atau standar pemakaian tuk epoxy


     Untuk pemakaian thiner itu sendiri, anda bisa menambahkan sekiranya terlalu kental, atau anda bisa mengurangi sekiranya terlalu encer, karena beda merk biasanya beda kekentalan, ya menyesuaikan kebutuhan pemakaian saja.


     Nah, mudah mudahan anda bisa memahami penjelasan perbandingan epoxy di atas, dan mudah mudahan anda tidak bingung, hhhhhhhh.

     Ok, selamat mencoba, semoga bermanfaat, terimakasih.

Wednesday, 19 December 2018

Koran Koran Bekas Dalam Cat Mobil Dibutuhkan Untuk Apa

Koran Koran Bekas Dalam Cat Mobil Dibutuhkan Untuk Apa


     Sebelum anda ingin menyemprotkan cat ke body mobil yang mau di cat, anda harus menutupi semua kaca kaca mobil, lampu lampu, dan sesuatu hal yang tidak boleh terkena cat kecuali body mobil itu sendiri, roda roda misalnya, itu juga harus di tutupi


     Lalu jenis koran yang seperti apa yang di butuhkan dan apa lagi yang harus di siapkan tuk menutupi kaca kaca tersebut, ini jawabannya;
     Siapkan koran bekas yang standar koran biasa, yang lebar dan tipis,bukan koran majalah, dan anda bisa membelinya di toko toko sembaku terdekat, paling hnya dengan 10K anda bisa mndapatkan lbih daricukup.
     Terus siapkan kertas lem/lem kertas/solasi kertas dua atau tiga yang anda beli dari toko cat sebagai perekatnya, terus siapkan kater atau silet bila mana di butuhkan tuk memotong solasi kertas.


     Setelah semuanya siap, baru anda tutupin semua kaca kaca mobil dengan rapi dan harus sabar, tahap demi tahap dari bagian depan dulu, lalu kesamping, ke belakang ,kesamping hingga ketutup semua, dan jangan lupa lampu lampu serta roda roda juga harus ketutup serapi mungkin, tujuanya agar tidak terkena cat, karena bila sudah terlanjur kena cat, sulit sekali memmbersihkanya bahkan mungkin timbul perasaan malas.


     Nah, setelah semuanya beres, ketutup semua dengan koran, seperti kaca,lampu,roda, dan hal lain yang sekiranya perlu di tutup, baru deh anda siap tuk mengecat mobil dengan baik, dengan perasaan lega karena tidak ada kaca yang akan terkena semprot cat

     Ok, semoga bermanfaat ulasan ini, selamat bekerja dan berkarya, terimakasih.

Plamir Dempulan dengan Kap/Kape _ Caranya.

Plamir Dempulan dengan Kap/Kape _ Caranya.


     Vidio youtube di atas sebenarnya sudah cukup menjelaskan bagaimana caranya mlamir dempul dengan kap/kape, tujuannya adalah mengapa harus di plamir, yaitu untuk menutupi pori pori pada dempul atau lubang lubang kecil yang masih tertinggal dan belum tertutup, walaupun lubang lubangnya sangat kecil, namun jangan di sepelekan, karena akan berpengaruh saat pengecatan nannti.


     Dan, yang di butuhkan dalam mlamir adalah, sepasang kap/kape, atau anda bisa membikin kap kecil dari plastik ember atau gembes yang tidak terpakai, bentuk disesusikan agar mudah di pakai, dan plastik sangat fleksibel untuk digunakan saat memplamir dempul.


     Nah, trik dan caranya bisa anda lihat pada vidio youtube di atas, di teliti dulu perpanel, dilihat kira kira mana mana saja yang berpori pori, baru anda siapkan adukan dempul secukupnya, jangan terlalu banyak dan usakan obat jangan terlalu berlebihan agar dempul tidak cepat mengering, baru kalian plamir deh lubang pori pori pada dempulan mobil tersebut, dan di usahan rapi, halus,tidak belepetan di mana mana.

     Baiklah demikian dulu ulasan mengenai plamir dempul, terimakasih, semoga bermanfaat.


Tuesday, 18 December 2018

Cara menggunakan kap/kape tuk mendempul/ngaduk dempul

Cara menggunakan kap/kape tuk mendempul/ngaduk dempul


Kape / kap adalah salah satu alat yang digunakan  untuk mendempul dan sekalikus mengaduk dempul
Biasanya terdiri dari beberapa bagian dari yang ukuran besar, sedang, hingga terkecil, namun yang di butuhkan cukup satu pasang saja, yaitu yang berukuran besar sama yang berukuran sedang.


Kap / kape bisa kita dapatkan di toko toko cat setempat dengan kualitas sedang hingga bagus, namun bisa juga di dapat di toko toko material setempat, namun biasanya dengan kualitas kurang bagus.
Namun untuk memudahkan mendempul mobil biar bagus sebaiknya cari yang kualitas baik, atau standar.


Nah, seperti yang telah di jelaskan pada vidio youtube di atas, siapkan kap/kape satu pasang, satu di tangan kanan, yang satunya lagi di tangan kiri, kemudian ambilah bahan dempul secukupnya beserta obatnya, dengan takaran menyesuaikan kondisi, lalu aduklah pelan pelan campurkan dempul dan obatnya hingga merata mencampur menjadi satu, trik ini butuh latihan khusus bagi pemula, namun bagi yang sudah ahli pasti biasa biasa saja.


Kemudian setelah di aduk, jangan biarkan dempul lama lama di tangan, tempelkan segera ke permukaan bodi mobil dan dempullah sesuai yang di inginkan, karena kalau tidak segera di dempulkan, pasti kan mengeras dan kering.


Nah bila sekiranya kebutuhan dempul banyak, siapkan papan yang lebar dan rata sebagi alas tuk mengaduk dempul, triknya pun sama tidak jauh beda dengan trik saat di tangan, hanya saja dempulnya lebih banyak beserta obatnya.
Itu saja dulu penjelasan dari saya, mudah mudahan bermanfaat, terimakasih.


Monday, 17 December 2018

Cara mendempul mobil biar rata denga jiddar

Cara mendempul mobil biar rata denga jiddar

     Banyak trik trik mendempul mobil yang di pakai para pendempul, salah satunya trik mendempul dengan menggunakan jiddar agar hasilnya bisa rata atau bisa di katakan jiddar adalah alat untuk meratakan saat mendempul mobil.


     Banyak macam bentuk jiddar yang anda modifikasi sendiri, bisa berasal dari gergajih kayu yang di buang pegangannya,dan bagian yang tidak bergerigi yang di pakai, bisa berasal dari alamunium yang biasa di pakai untuk etalase kaca, atau bisa berasal dari plastik atau papan rata, dengan pemakaian menyesusikan kondisi


     Sebelum di dempul, amplas dulu bagian bagian body yang mau di dempul, dan pastikan steril dari kotoran apapun termasuk minyak atau sejenis oli atau kit bekas sisa sebelumnya


     Lalu aduklah dempul beserta obat secukupnya dan dempulah mobil dengan metode / teknik yang terlihat pada vidio youtube di atas atau di bawah ini


     Oles oleskan dempul yang sudah di aduk dengan kap/kape ke bidang body mobil yang mau di dempul, lalu tarik dengan jidar ke bawah atau ke samping menyesuaikan kondisi, dan ingat harus lebih cepat, jangan terlalu lama membiarkan dempul tidak di jidar semua atau membiarkan dempul belepetan tercecer di mana mana, karena hanya hitungan menit 2 atau 3 menit dempul mulai mengeras.


     Selain butuh kesabaran, kejelian, ketelitian, kecepatan tangan juga di perlukan, dengan feeling yang tepat agar dempul tidak terbuang sia sia karena keburu kering atau mengeras.


     Baiklah sekian dulu ulasan ini saya buat, semoga bermanfaat untuk anda anda semua, terimakasih.


Cara mengamplas dempulan mobil agar rata halus baik dan benar

Cara mengamplas dempulan mobil agar rata halus baik dan benar

     Salah satu hal yang penting dari pendempulan mobil adalah, bagaimana bisa mengamplas dempul itu sendiri dengan baik dan benar, rata halus serta tidak meninggalkan pori pori pada dempulan.


     Seperti yang terlihat pada vidio youtube di atas, jika sekiranya dempul masih baru dan kasar maka siapkan papan yang rata dengan ukuran menyesuaikan amplas sebagai landasan amplas agar mudah membuat / membentuk dempul menjadi rata.


     Kemudian siapkan amplas kasar no 60/80 dan letakan diatas papan mendatar lalu amplas lah dempulan tadi ke kanan kiri atau keatas bawah berurutan beraturan menyesuaikan kondisi, dan jangan lupa siapkan air dalam ember secukupnya untuk membasahi dempulan agar mudah di amplas.



     Setelah sekiranya sudah cukup rata dan lumayan halus, ganti amplas 120 agar dempulan lebih rata dan lebih halus lagi, dan metode pengamplasannya pun masih pake papan serta basahi dempulan pada mobil dengan air serta di kasih sedikit sabun agar lebih mudah.


     Setelah di amplas 60 terus 120 baru di amplas menggunakan amplas yang lebih halus yaitu amplas 240 agar hasilnya lebih halus dan bisa menyesuaikan kondisi bagian body aslinya, dan metode pengamplasannyapun sama, hanya bisa menggunakan papan, bisa juga tidak menyesuaikan kondisi.


     Hingga pada akhirnya dempulan pada mobil sudah di amplas semua dg amplas 60,120,240, samapai rata dan halus menyesusikan kondisi bidang mobil dan dempulan siap untuk proses selanjutnya yaitu epoxy

     Demikian dulu ulasan pengamplasan awal pada pendempulan mobil, terimakasih semoga bermanfaat.